Menerima Pekerjaan Pembuatan Furniture Kayu, Kusen, Pintu, Kitchen Set, Lemari Pakaian, Tangga Kayu, Jendela, Kanopi Kayu, dll. Hub. 0878 8060 6634 (Bpk. Ahmadi)

Monday, 23 March 2015

Beberapa Jenis Kayu Untuk Mebel Furniture

Beberapa Jenis Kayu Untuk Mebel Furniture - Pada tulisan kali ini kami akan mencoba membahas atau berbagi informasi mengenai beberapa jenis kayu yang biasa digunakan untuk mebel. Sebenarnya pada dasarnya, semua jenis kayu yang dapat dipakai sebagai bahan untuk membuat mebel atau furniture, namun tentu saja kayu tersebut harus memiliki tingkat kekerasan yang bagus untuk dapat digunakan sebagai bahan pembuatan furniture. Dengan memiliki tingkat kekerasan yang baik, maka kayu akan lebih mudah untuk diolah seperti dipotong, diukir atau dipahat, diampelas, dan lain sebagainya.

Jadi dengan kata lain, selama sebuah jenis kayu memiliki tingkat kekerasan yang baik, maka kayu tersebut bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat furniture seperti bangku kayu, meja kursi makan kayu, tempat tidur kayu, rak buku kayu, lemari pakaian kayu, kusen pintu, dan perabotan lainnya yang berbahan dasar atau terbuat dari kayu. Namun dari sekian banyak jenis kayu, berikut ini adalah beberapa jenis kayu yang sering digunakan untuk mebel atau furniture.

Jenis Kayu Untuk Mebel

1. Kayu Jati

Kayu Jati
Seperti pernah dibahas pada tulisan Furniture Kayu Jati Belanda Minimalis Modern Murah, kayu jati merupakan salah satu jenis kayu yang cukup sering digunakan sebagai bahan mebel atau furniture. Tidak sedikit orang yang sangat menyukai dan memilih furniture dengan bahan baku kayu jati. Selain karena kekuatan dan daya tahan kayu jati yang terbilang awet dibanding dengan jenis kayu lainnya, kayu jati juga memberikan kesan yang elegan pada furniture. Meski harga kayu jati atau furniture kayu jati relatif lebih mahal, namun peminat mebel kayu jati tetap tinggi.

2.  Kayu Mahoni

Kayu Mahoni
Jenis kayu yang sering digunakan untuk mebel selanjutnya adalah kayu mahoni. Jenis kayu ini sering digunakan atau dipilih oleh para pengrajin mebel kayu, karena harganya relatif jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kayu jati sehingga bisa lebih menghemat biaya produksi. Namun begitu, meski harganya relatif lebih murah daripada kayu jati bukan berarti kualitas kayu mahoni tidak bagus. Kayu mahoni tetap bisa memberikan kesan yang indah pada sebuah furniture, yang tentunya juga dibarengi dengan dukungan tenaga pengrajin yang sudah handal di bidangnya.

3. Kayu Sonokeling

Kayu Sonokeling
Kayu sonokeling juga termasuk salah satu kayu yang sering digunakan oleh masyarkat untuk bahan furniture. Salah satu alasannya mungkin karena keunikan kayu sonokeling yang memiliki warna gelap yang alami. Selain itu furniture dengan bahan kayu sonokeling juga bisa memiliki daya tahan yang awet juga kesan yang elegan. Hal tersebut dikarenakan kayu jenis ini memiliki serat dan tekstur yang cukup indah atau dekoratif layakanya yang dimiliki oleh kayu jati.

4. Kayu Akasia

Kayu Akasia
Kayu Akasia jika dilihat sekilas secara kasat mata mempunyai warna dan serat yang mirip seperti yang terdapat pada kayu jati. Dan hal tersebut adalah salah satu alasan yang menjadikan kayu akasia cukup sering juga dijadikan bahan dasar pembuatan mebel atau furniture kayu. Kayu akasi juga dikenal memiliki daya tahan yang cukup kuat dan awet.

5. Kayu Trembesi

Kayu Trembesi
Biasanya sebagian besar desain furniture yang menggunakan bahan baku kayu trembesi selalu menonjolkan ketebalan kayu. Hal tersebut karena memang umumnya kayu trembesi memiliki ukuran yang cukup besar. Salah satu alasan yang membuat masyarakat memilih menggunakan kayu trembesi adalah karena stok kayu tersebut yang terbilang masih cukup banyak di alam. Permintaan furniture dengan bahan kayu trembesi pun kini cukup tinggi, tidak hanya dalam negeri saja namun sudah mencapai mancanegara.

6. Kayu Kamper

Kayu Kamper
Untuk jenis kayu yang selanjutnya, yakni kayu kamper lebih dikenal sebagai kayu yang digunakan untuk bahan kusen pintu. Kayu ini jarang digunakan untuk membuat perbotan seperti misal meja, kursi atau perbotan kayu lainnya.


Itulah beberapa jenis kayu yang sering digunakan untuk mebel atau furniture, mungkin masih banyak lagi jenis-jenis kayu yang lainnya, namun umumnya kayu-kayu diatas yang lebih sering dijadikan bahan baku untuk mebel.

Jika saat ini anda sedang membutuhkan tukang untuk membuat perabotan dari kayu, seperti kitchen set, lemari baju, meja kantor, meja belajar, tangga, pintu, kusen dan lain sebagainya, anda bisa langsung menghubungi kami melalui nomor kontak yang tertera diatas.

Sekian informasi mengenai Beberapa Jenis Kayu Untuk Mebel Furniture yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat bagi para pembaca semua. Dan jika ada informasi diatas yang kurang tepat, sudilah kiranya pembaca membantu mengkoreksinya melalui kolom komentar yang tersedia dibawah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Beberapa Jenis Kayu Untuk Mebel Furniture

0 comments:

Post a Comment